Electronic commerce (EC) merupakan
konsep baru yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa
pada World Wide Web Internet (Shim, Qureshi, Siegel, Siegel, 2000) atau proses
jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi
termasuk Internet (Turban, Lee, King, Chung, 2000).
Kalakota dan Whinston (1997)
mendefinisikan EC dari beberapa perespektif berikut :
Dari perspektif komunikasi, EC merupakan
pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon,
jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.
Dari perspektif proses bisnis, EC
merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja
perusahaan.
Dari perspektif layanan, EC merupakan
satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam
memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
Dari perspektif online, EC kepasitas
jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya.
Kemampuan untuk membandingkan dan
membeli produk pada internet mengubah praktik bisnis banyak perusahaan.
E-Commerce menjanjikan dampak yang sangat besar untuk setiap industri. Dunia
usaha menggunakan internet untuk melakukan pembelian barang. Keuntungan
internet pada konsumen sangat banyak dan nyata. Kemampuan untuk mencari produk dan
membandingkan harganya menjadi sangat mudah. Konsumen tidak perlu pergi ke toko untuk mendapatkan
informasi tentang produk dan harga suatu barang tertentu.
Perusahaan juga munggunakan keuntungan
dari kenaikan penggunaan internet dalam bidang usaha eceran. Pengusaha eceran
dapat meraih pasar yang lebih luas tanpa perlu melakukan investasi dengan
membangun toko secara tradisional. Sebagai tambahan, pengusaha eceran yang
sudah online mampu menghasilkan pendapatan lainnya selain penjualan barang.
Pengusaha eceran yang sudah online mendapatkan keuntungan dari penjualan iklan,
ongkos sewa, dan penjualan
database pelanggan. Berikut ini adalah beberapa industri yang telah mengalami
perubahan :
1. Perjalanan
Tiket. Penerbangan dapat dibeli dengan diskon yang sangat tinggi melalui
beberapa pengecer online. Terlebih wisatawan dapat memeriksa tujuan wisata,
memesan kamar hotel, dan menyewa mobil, kesemuanya dalam beberapa menit di
komputer.
2. Komputer
dan aksesori. Para konsumen sangat menyukai pembelian online yang menunjang
teknologi. Paket komputer, perlengkapan tambahan, dan perangkat lunak dapat
dibeli melalui media online.
3. Produk
pakaian. Beberapa pengecer telah dapat mencapai penjualan baju dengan baik
melalui situs. Mereka mampu menawarkan harga yang lebih murah dan berbagai
model yang lebih trendy.
ARTIKEL TERKAIT: