Suatu poses pengendalian manajemen melibatkan interaksi antarmanajer dan
manajer dengan bawahannya. Proses pengendalian manajemen meliputi
kegiatan-kegiatan sebagai berikut yaitu :
1. PERENCANAAN STRATEGI. Perncanaan strategi
adalah proses memutuskan program-program utama yang akan dilakukan suatu
organisasi dalam rangka implementasi strategi dan menaksir jumlah sumber daya
yang akan dialokasikan untuk tiap-tiap program jangka panjang beberapa tahun
yang akan datang.
2. PENYUSUNAN ANGGARAN. Penyusunan anggaran
adalah proses pengoperasian rencana dalam bentuk pengkuantifikasian, biasanya
dalam unit moneter untuk kurun waktu tertentu.
3. PELAKSANAAN. Selama tahun
anggaran, manajer melakukan program atau bagian dari program yang menjadi
tanggungjawabnya. Laporan yang dibuat hendaknya menunjukkan dapat menyediakan
informasi tentang anggaran dan realisasinya baik itu informasi untuk mengukur
kinerja keuangan maupun nonkeuangan, informasi internal maupun eksternal.
4.
EVALUASI KINERJA. Pestasi kerja bisa
dilihat dari efisien atau efektif tidaknya suatu pusat pertanggungjawaban
menjalankan tugasnya. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan antara realisasi
anggaran dengan anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya.
ARTIKEL TERKAIT: