Pengendalian manajemen adalah proses
dimana manajer mempengaruhi anggotanya untuk melaksanakan strategi organisasi.
Dari hal ini dapat diambil beberapa hal berikut :
- SIFAT KEPUTUSAN. Keputusan pengendalian manajemen dibuat dalam
kerangka kerja sesuai dengan strategi organisasi. Tanpa pedoman yang jelas
akan sulit menjalankan pengendalian manajemen yang benar. Manajer dalam
hal ini mempunyai pertimbangan yang bisa saja lain dari yang telah
ditetapkan asalkan baik untuk peningkatan prestasi unit bisnisnya.
- SISTEMATIS DAN RITMIS. Dalam proses pengendalian manajemen, keputusan yang dibuat
berdasarkan prosedur dan jadwal yang dilakukan berulang-ulang tahun demi
tahun.
- PERTIMBANGAN PERILAKU. Proses pengendalian manajemen melibatkan interaksi
antara individu dan interaksi tersebut tidak sistematis. Seorang manajer
mempunyai tujuannya sendiri-sendiri. Yang harus dilakukan adalah
menyelaraskan tujuan tersebut sesuai tujuan perusahaan secara keseluruhan.
Hal ini disebut keselarasan tujuan yang berarti tujuan pribadi anggota
organisasi seharusnya konsisten dengan tujuan organisasi.
- ALAT UNTUK MENGIMPLEMENTASIKAN
STRATEGI. Sistem pengendalian manajemen
adalah alat untuk mencapai tujuan perusahaan sesuai dengan strategi yang
telah ditetapkan. Jadi pengendalian manajemen memfokuskan pada pelaksanaan
strategi. Pengendalian manajemen hanya salah satu cara bagi manajer untuk
menerapkan strategi yang diinginkan. Strategi yang dapat diterapkan selain
pengendalian manajemen adalah melalui pendekatan struktur organisasi,
manajemen sumber daya dan budaya.
- PROSES PENGENDALIAN MANAJEMEN. Pengendalian manajemen melibatkan hubungan antara
atasan-bawahan. Pengendalian dilakukan melalui tingkat atas hingga ke
bawah. Proses ini meliputi aktivitas komunikasi, motivasi dan evaluasi.
- METODOLOGI PENGENDALIAN
MANAJEMEN. Penerapan proses pengendalian
manajemen yang telah diuraikan diatas memerlukan tiga bentuk aktivitas
yaitu menentukan tujuan, pengukuran prestasi dan evaluasi prestasi.
Menurut David Outley proses pengendalian manajemen dirancang untuk
menjamin bahwa tugas rutin dijalankan oleh seluruh anggota organisasi yang
secara bersama-sama membantu tercapainya tujuan organisasi secara
keseluruhan.
- PERUMUSAN STRATEGI. Perumusan strategi adalah proses memutuskan atas
tujuan organisasi dan langkah-langkah yang diambil untuk mencapai tujuan
tersebut. Strategi yang diambil oleh perusahaan tidak tertutup kemungkinan
untuk diuji kembali atau dilakukan perubahan dimana perlu. Kebutuhan untuk
mengubah strategi biasanya disebabkan oleh ancaman atau untuk memperoleh
keuntungan yang lebih baik.
ARTIKEL TERKAIT: