Suatu poses pengendalian manajemen
melibatkan interaksi antarmanajer dan manajer dengan bawahannya. Proses
pengendalian manajemen meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut yaitu :
1.
PERENCANAAN
STRATEGI. Perncanaan strategi adalah proses
memutuskan program-program utama yang akan dilakukan suatu organisasi dalam
rangka implementasi strategi dan menaksir jumlah sumber daya yang akan
dialokasikan untuk tiap-tiap program jangka panjang beberapa tahun yang akan
datang.
2.
PENYUSUNAN
ANGGARAN. Penyusunan anggaran adalah proses
pengoperasian rencana dalam bentuk pengkuantifikasian, biasanya dalam unit
moneter untuk kurun waktu tertentu.
3.
PELAKSANAAN. Selama tahun anggaran, manajer melakukan program atau
bagian dari program yang menjadi tanggungjawabnya. Laporan yang dibuat
hendaknya menunjukkan dapat menyediakan informasi tentang anggaran dan
realisasinya baik itu informasi untuk mengukur kinerja keuangan maupun
nonkeuangan, informasi internal maupun eksternal.
4. EVALUASI
KINERJA. Pestasi kerja bisa dilihat dari
efisien atau efektif tidaknya suatu pusat pertanggungjawaban menjalankan
tugasnya. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan antara realisasi anggaran
dengan anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya.
ARTIKEL TERKAIT: