Manajemen adalah suatu proses dariPerencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan,
Pengawasandariaktifitasorganisasimberdasarsumberdaya yang dimiliki untuk mencapai
tujuan yang telah di tetapkan (Stoner,1999).
PERENCANAAN (Planning)
Proses Manajemen yang menetapkan kegiatan pada waktu yang akan datang.
Proses Manajemen yang menetapkan kegiatan pada waktu yang akan datang.
PENGORGANISASIAN (Organizing)
Proses Manajemen yang menentukan tenteng penataan sumber dana ktifitas organisasi yang dihubungkan dengan struktur.
Proses Manajemen yang menentukan tenteng penataan sumber dana ktifitas organisasi yang dihubungkan dengan struktur.
PENGARAHAN (Actuating)
Proses Manajemen yang mengarahkan dan memotivasi tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan.
Proses Manajemen yang mengarahkan dan memotivasi tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan.
PENGAWASAN (Controlling)
Proses Manajemen yang memonitoring kinerja organisasi yang menjamin dapat mencapai tujuan.
Proses Manajemen yang memonitoring kinerja organisasi yang menjamin dapat mencapai tujuan.
TOP MANAGER atau CEO
Manajer yang bertanggungjawab kepada pemilik atau BOD (Board Of Directors) untuk mennjalankan keseluruhan kinerja dan efektifitas bisnis.
Manajer yang bertanggungjawab kepada pemilik atau BOD (Board Of Directors) untuk mennjalankan keseluruhan kinerja dan efektifitas bisnis.
MIDDLE MANAGER
Manajer yang bertanggungjawab terhadap implementasi strategis, policy dan keputusan dari TOP Manager atau pemimpin di atasnya.
Manajer yang bertanggungjawab terhadap implementasi strategis, policy dan keputusan dari TOP Manager atau pemimpin di atasnya.
FIRST LINE MANAGER
Manajer yang bertanggungjawab menjalankan tugas supervise pekerjaan kepada pekerja.
Manajer yang bertanggungjawab menjalankan tugas supervise pekerjaan kepada pekerja.
PEMASOK (Supplier)
Perusahaan bisnis dan individu-individu yang menyediakan sumberdaya yang diperlukan oleh perusahaan dan parapesaing untuk memproduksi barang dan jasa.
Perusahaan bisnis dan individu-individu yang menyediakan sumberdaya yang diperlukan oleh perusahaan dan parapesaing untuk memproduksi barang dan jasa.
PERANTARA
Perusahaan bisnis yang membantu perusahaan menemukan pelanggan atau mendekatkan penjualan kepada perusahaan.
Perusahaan bisnis yang membantu perusahaan menemukan pelanggan atau mendekatkan penjualan kepada perusahaan.
PELANGGAN
Pelanggan adalah sasaran pasar perusahaan, pasar pelanggan ada beberapa jenis :
Pelanggan adalah sasaran pasar perusahaan, pasar pelanggan ada beberapa jenis :
Pasar Konsumen
Individu dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi.
·
Pasar Produsen
Organisasi yang membeli barang dan jasa yang di perlukan untuk memproduksi barang dan jasa lain dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau mencapai tujuan lain.
Organisasi yang membeli barang dan jasa yang di perlukan untuk memproduksi barang dan jasa lain dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau mencapai tujuan lain.
·
Pasar Penjual
Organisasi yang membeli barang dan jasa untuk dijual kembali dengan mendapatkan laba.
Organisasi yang membeli barang dan jasa untuk dijual kembali dengan mendapatkan laba.
·
Pasar Pemerintah dan
Pasar non-laba
Pemerintah dan lembaga non-laba yang membeli barang dan jasa untuk memproduksi jasa public atau mentransfer barang dan jasa ini kepada pihak yang memerlukan.
Pemerintah dan lembaga non-laba yang membeli barang dan jasa untuk memproduksi jasa public atau mentransfer barang dan jasa ini kepada pihak yang memerlukan.
·
Pasar International
Pembeli yang ada diluar negeri termasuk konsumen, produsen, penjual dan pemerintah asing.
Pembeli yang ada diluar negeri termasuk konsumen, produsen, penjual dan pemerintah asing.
ARTIKEL TERKAIT: